Hijab Dalam Islam

Hijab Dalam Islam
Pemakaian hijab beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah tren yang sedang diminati oleh wanita muslim dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun sayangnya, terkadang hijab yang kita temui hanyalah sebagai fashion yang bertujuan untuk mempercantik tampilan seorang wanita saja. Misalnya sebagai contoh, seorang wanita yang menggunakan hijab tapi pakaiannya ketat membentuk garis tubuh, atau berhijab tetapi ujung rambutnya masih terlihat. Hal seperti ini seharusnya perlu adanya pelurusan dan juga pendidikan mengenai tata cara berhijab dengan benar. 

Sebelum anda memutuskan untuk mulai berhijab, sebaiknya yang dilakukan adalah meluruskan niat terlebih dahulu dan mempertanyakan dalam diri anda apa sebenarnya dorongan anda untuk berhijab. Apakah hanya sekedar mengikuti perkembangan fashion? Atau agar dapat tampil cantik atau karena anda benar-benar sadar dan yakin hanya ingin menjalankan perintah Allah semata. Sejatinya berhijab itu wajib sebagaimana telah disebutkan pada Q.S. an-Nur: 31 dan al-Ahzab: 59. Telah dijelaskan bahwa perempuan yang sudah baligh wajib untuk menutup auratnya dengan jilbab dan khimar atau kerudung. Setelah anda tahu tentang dalil kewajiban menutup aurat, anda juga harus menerapkan tata cara berhijab yang benar berdasarkan syarat-syarat yang telah dituntunkan oleh Alquran.

Syarat yang pertama dalam tata cara berhijab syar’i yaitu menutupi aurat, yakni seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan dengan jilbab dan kerudung. Jilbab adalah baju kurung atau gamis sedangkan kerudung adalah penutup kepala yang harus dijulurkan hingga menutupi dada. Syarat kedua adalah memilih dan mengenakan jilbab yang longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh. Pakaian yang memperlihatkan garis tubuh bukan hanya dapat menggoda lawan jenis, namun secara kesehatan juga tidak sehat untuk tubuh anda karena kulit akan merasa tertekan dan kurang mendapat ruang untuk bernapas. Gunakan juga bahanyang tidak transparan, apalah gunanya berpakaian dan juga berhijab bila masih dapat melihat jelas bagian tubuh anda. Tata cara berhijab yang benar tersebut sejatiny mengandung banyak manfaat bagi yang mengetahuinya dan juga menjalankannya.

wdcfawqafwef